Kopi Espresso min

Ingin Tau, Apa Perbedaan Espresso dan Americano Selain dari Cara Penyajian?

5
(1)

Apa perbedaan espresso dan americano – Tidak bisa dipungkiri bahwa kopi merupakan minuman yang memiliki banyak peminat.Ini terbukti dari tempat-tempat penyedia kopi atau cafe yang semakin menjamur. Kamu akan lebih mudah menemukannya saat ini dibandingkan dengan 5 atau 10 tahun yang lalu, itu karena tren dari kopi sedang meningkat.

Semakin banyaknya kedai kopi yang bermunculan, maka semakin banyak juga pencinta kopi baru yang mulai melirik, tidak heran jika istilah-istilah kopi mulai dicari. Dari banyaknya istilah, Espresso dan Americano merupakan nama kopi yang sering terdengar. Bukan hanya veteran kopi yang tidak asing dengan istilah tersebut, tapi juga penggemar baru pun sering mendengarnya. Uniknya meski sering didengar, tetapi ada sebagian besar yang masih keliru tentang Espresso dan Americano, bisa dikarenakan penampilannya yang menyerupai satu sama lain. Mungkin ini juga alasan kamu bisa berada di sini ya? Mari kita bongkar sama-sama tentang perbedaan espresso dan americano.

Perbedaan Espresso dan Americano yang Perlu Diketahui

Pada dasarnya kedua menu tersebut merupakan ekstrak dari biji kopi, namun jika diamati lebih dalam maka kamu akan menemukan perbedaan yang cukup begitu jauh. Perbedaan ini terlihat dari cara pengolahan, latar belakang kopi, dan cara penyajian.

apa perbedaan espresso dan americano
source: unsplash/Blake Verdoorn

Negara Asal Kopi

Dari sisi penamaan kedua kopi tersebut sudah dapat menggambarkan asal dari negara penghasil kopi tersebut. Nama espresso sendiri lebih mirip dengan bahasa dari Italia yang banyak memiliki huruf vokal o diakhir kata, dan ini memang benar mencerminkan bahwa kopi espresso berasal dari Italia. Lalu bagaimana dengan americano? memiliki huruf vokal yang sama dengan espresso? Memang bahwa americano merupakan modifikasi dari espresso, sehingga penamaanya sedikit mirip. Americano sendiri berasal dari Amerika, yang mana merupakan kopi dengan takaran espresso tetapi lebih encer.

apa perbedaan espresso dan americano negara asal
source: unsplash/Ian Baldwin

Cara Penyajian Kopi

Pada bahan penyajian, kedua menu tersebut sedikit berbeda dalam hal takaran. Americano memiliki kekentalan yang berbeda dari espresso, karena pada shot nya ditambahkan lagi air panas, untuk shot sendiri sekitar 1-2 dari espresso. Dari takaran tersebut akan menghasilkan rasa yang berbeda pada setiap menunya.

apa perbedaan espresso dan americano cara penyajian kopi
source: unsplash/Nathan Dumlao

Busa pada Permukaan Kopi

Krema atau busa kopi merupakan ciri khas dari kopi espresso, yang mana pencinta kopi selalu menyeruput bagian tersebut lebih awal dibanding kopinya. Karena ini merupakan sebuah keunikan, maka perbedaan akan mudah terlihat dari sini. Espresso sendiri sudah diidentikan kopi hitam dengan busa emas diatasnya, pada americano busa tersebut tidak ada. Mengapa begitu? Karena busa pada americano tidak terbentuk akibat air panas yang ditambahkan lagi, sehingga menghilangkan busa tersebut.

apa perbedaan espresso dan americano busa
source: unsplash/Alfred Kenneally

Pembuatan Kopi Espresso dan Americano

Pada beberapa poin di atas menjelaskan garis besar dari pembuatan kedua menu tersebut. Secara detail, pembuatan kedua kopi tersebut ada perbedaan. Americano merupakan modifikasi dari espresso dengan mengambil 1-2 shot lalu dua per tiga cangkir panas.

Espresso sendiri yang merupakan bahan utama americano berasal dari pengolahan menggunakan mesin kopi dengan menciptakan tekanan pada air panasnya, Tujuannya adalah mendapatkan ekstraksi dari biji kopi dengan cita rasa yang sempurna. Busa dari espresso berasal dari proses tersebut, tekanan mesin kopi memunculkan karbon dioksida sehingga menghasilkan busa kopi.

apa perbedaan espresso dan americano pembuatan kopi
source: unsplash/Chase Eggenberger

Ternyata bukan hanya dari penyajian saja yang membedakan kedua kopi tersebut, pastinya dari perbedaan diatas kita bisa simpulkan bahwa setiap perbedaan pada langkah pembuatan kopi akan mempengaruhi pada rasa dan kekentalan. Sekarang kamu lebih tercerahkan kan, tentang perbedaan americano dan espresso? pastinya sekarang bisa lebih teliti dalam memilih menu kopi di cafe kesayanganmu. Jika ingin merasakan nikmatnya americano dan espresso dengan cafe yang nyaman maka bisa datang ke cafe kami di Pantai Indah Kapuk, tepatnya di Golf Island, Jalan Pantai Indah Kapuk Blok L No.27.

Seberapa manfaat artikel ini?

Klik bintang untuk mengisi rating

Rating rata-rata 5 / 5. Perhitungan rating: 1

Jadilah yang pertama mengisi rating

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *