Green tea min

Sering Diminum, Tapi Sudah Tahu Bedanya Matcha dan Green Tea Beserta Manfaatnya?

5
(1)

Bedanya matcha dan green tea – Saat ini sudah banyak produk yang berbahan teh, tidak hanya minuman tetapi juga olahan makanan. Untuk minuman teh sendiri sering dikombinasikan dengan susu, krim, ataupun madu. Jenis teh yang sering digunakan untuk menu olahan populer saat ini ialah teh hijau, kamu akan mudah menemui menu-menu yang terbuat dari bahan teh hijau di cafe ataupun tempat nongkrong.

Namun ternyata jika kamu lebih jeli dalam memilih menu, maka akan melihat pilihan yang terlihat sama, green tea dan matcha. Meskipun kedua menu tersebut sama-sama dari teh hijau, namun sebenarnya berbeda dan sebagian orang masih banyak yang keliru tentang perbedaan tersebut. Perbedaan yang paling mencolok adalah dari sisi pengolahan, jika green tea merupakan teh kering utuh yang diseduh dan matcha merupakan teh bubuk yang diseduh.

Berikut adalah bedanya matcha dan green tea yang bisa kamu ketahui.

Bedanya Matcha dan Green Tea

Masih sering disalah artikan antara matcha dan green tea, keduanya memang berasal dari pohon yang sama tetapi berbeda dari sisi budidaya, panen, penyajian, sampai takaran kandungan dari keduanya. Berikut bedanya matcha dan green tea.

Bedanya Matcha dan Green Tea
source: unsplash/Jason Leung

1. Dari Sisi Rasa Antara Matcha dan Green Tea

Hal yang bisa langsung terasa ketika mencoba green tea adalah rasa pahit yang dominan, namun lebih segar. Jika sulit membayangkannya, mungkin bisa disamakan dengan rasa teh biasa namun memiliki rasa pahit yang sedikit dan lebih fresh.

Sedangkan untuk matcha memiliki tekstur lebih kental, kamu akan melihatnya lebih soft dibandingkan dengan green tea. Matcha memiliki rasa yang lebih manis, karena biasanya menu tersebut sering menjadi campuran latte ataupun campuran susu.

2. Budidaya Daun Teh

Meskipun dari pohon yang sama, tetapi di sisi budidaya dan panen bahan dari kedua menu tersebut memiliki perbedaan. Proses panen yang dilakukan menentukan apakah bahan akan menjadi green tea atau matcha.

Untuk bahan green tea, sebelum dipanen daun teh akan dijemur di bawah sinar matahari. Selanjutnya daun teh akan dipanen dan langsung dijemur hingga menjadi berwarna coklat dan kering.

Sedangkan untuk matcha, sedikit agak berbeda ketika akan melakukan panen. Daun teh akan dijauhkan dari sinar matahari dan disimpan di tempat teduh dalam jangka waktu sekitar 20-30 hari sebelum dipanen, hal ini dimaksudkan agar daun teh memiliki karakteristik yang berbeda.

Kadar klorofil menjadi lebih gelap dan daun menjadi berwarna lebih tua dibandingkan daun teh hijau pada umumnya. Ketika telah dipanen, daun teh akan dikeringkan dan ditumbuk atau digiling menjadi matcha yang biasa kita konsumsi saat ini.

3. Cara Konsumsi Matcha dan Green Tea

Cara konsumsi keduanya memiliki perbedaan, untuk green tea sendiri cukup sederhana dalam proses penyajian. Sama seperti teh pada umumnya, green tea hanya perlu mencampurkan teh pada air panas dan mengaduknya.

Beberapa ada cara lebih mudah jika kemasan green tea sudah dalam bentuk teh celup, jadi kamu hanya perlu mencelupkan saja pada air panas dan mengangkatnya jika warna air sudah berubah menjadi agak gelap.

Karena matcha memiliki bentuk yang bubuk, maka penyajian biasanya menggunakan takaran sendok, misalkan untuk satu gelas matcha bisa menyeduh matcha bubuk dengan satu sendok teh. Takaran penyeduhan matcha tergantung selera serta ukuran penyajian.

Biasanya matcha akan ditambahkan bahan-bahan pemanis, seperti cream, gula, ataupun susu yang bisa membuatnya manis dan kental.

4. Perbedaan Warna Fisik

Jika menyandingkan bahan baku untuk membandingkan perbedaan warna matcha dengan green tea, maka akan terlihat warna matcha akan lebih terang dibanding green tea. Hal tersebut terjadi karena ketika proses sebelum panen, matcha tidak melalui proses penjemuran pohon.

Berbeda ketika setelah proses penyeduhan, matcha akan terlihat lebih pekat dibandingkan green tea yang mana memiliki warna hijau atau kekuningan dan bening.

5. Kafein yang Terkandung

Siapa sangka hanya kopi saja yang memiliki kandungan kafein, ternyata matcha dan green tea pun memiliki kafein namun dalam kadar yang berbeda. Terdapat sekitar 28 mg kafein pada segelas teh hijau, sementara matcha mengandung kafein yang lebih tinggi dari green tea, sekitar 70 mg per segelasnya.

6. Kandungan Antioksidan dan Asam Amino

Antioksidan yang terdapat pada green tea dan matcha memiliki perbedaan. Kandungan yang terdapat pada green tea memiliki kadar lebih rendah dibandingkan dengan matcha. Antioksidan sendiri memiliki manfaat sebagai metabolisme, daya tahan tubuh, dan juga mengurangi radikal bebas.

Matcha: 134 miligram
Green tea: 63 miligram

Pada matcha menghasilkan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan green tea, hal ini bisa menjadikan pilihan untuk kamu yang mencari teh dengan kandungan antioksidan tinggi.

Manfaat Matcha dan Green Tea

Matcha dan green tea sangat populer saat ini, salah satu alasannya adalah manfaat dari keduanya sangatlah baik untuk kesehatan. Berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari matcha dan green tea.

Bedanya Matcha dan Green Tea
source: unsplash/Esperanza Doronila

1. Mengandung Antioksidan

Antioksidan terkenal sebagai zat yang mampu untuk menjaga daya tahan tubuh, mempertahankan kesehatan kulit, mencegah kesehatan jantung, dan mencegah penuaan dini. Itu merupakan beberapa manfaat yang didapat dari kandungan antioksidan yang mana manfaat terakhir yaitu mencegah penuaan dini adalah paling dicari oleh banyak kalangan.

2. Menurunkan Risiko Penyakit

Beberapa penyakit berat yang sering terjadi seperti tingginya kadar kolesterol, dan darah tinggi bisa dijaga keseimbangannya oleh matcha atau green tea. Hal ini karena oksidasi pada kolesterol dapat tercegah, khususnya oleh green tea.

3. Mengurangi Berat Badan

Manfaat ini terasa lebih besar jika mengkonsumsi green tea secara rutin, banyak orang yang memilih minuman tersebut karena alasan ini. Memang faktanya green tea bisa meningkatkan metabolisme pada tubuh sehingga total kalori yang terbakar menjadi lebih banyak dan akhirnya mengurangi lemak pada tubuh, sehingga berdampak pada berat badan yang berkurang.

Jadi itulah bedanya matcha dan green tea serta manfaatnya yang bisa didapat, kamu bisa mengkonsumsinya secara teratur agar bisa mendapatkan manfaat-manfaat tersebut. Saat ini olahan dari bahan teh hijau begitu banyak sehingga memudahkanmu untuk memilih yang sesuai dengan keinginan. Kamu juga bisa mendapatkan produk olahan green tea di Coco Story. Terdapat menu sehat yang bisa kamu ambil, beberapa diantaranya adalah Peach Green Tea dan Lychee Green Tea, dan bisa melihat produk lainnya di website resmi Coco Story.

Kamu bisa berwisata di kawasan Pantai Indah Kapuk dan mengunjungi cafe kami yang beralamat di Golf Island, Jalan Pantai Indah Kapuk Blok L No.27

Seberapa manfaat artikel ini?

Klik bintang untuk mengisi rating

Rating rata-rata 5 / 5. Perhitungan rating: 1

Jadilah yang pertama mengisi rating

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *