buah untuk menjaga imunitas

6 Daftar Buah untuk Menjaga Imunitas Tubuh, Benarkah Salah Satunya Leci?

0
(0)

Buah untuk menjaga imunitas – Bukan rahasia lagi bahwa buah-buahan merupakan sumber nutrisi dan serat yang alami, kebaikan dari kandungan yang terdapat pada buah-buahan lah yang mampu menjaga kekebalan tubuh kita selain dari olahraga dan istirahat cukup. Ada beberapa buah yang memiliki kandungan lebih untuk menjaga imunitas tubuh, berikut adalah daftar dari beberapa buah untuk menjaga imunitas tersebut.

1. Pepaya

pepaya buah untuk menjaga imunitas
source: unsplash/Happy Surani

Siapa yang tidak tahu dengan pepaya? buah yang memiliki banyak macamnya dan sering dijadikan olahan untuk berbagai menu makanan, terutama hidangan manis. Ternyata pepaya berasal dari sekitaran Amerika Selatan dan saat ini telah menyebar ke seluruh dunia, khususnya wilayah tropis.

Di Indonesia sendiri pepaya diambil dari bahasa Belanda, yaitu “papaja” dan selanjutnya nama tersebut diserap kedalam bahasa Indonesia hingga saat kini yang biasa kita dengar. Pepaya sendiri memiliki bentuk yang mudah diingat, pohon pepaya umumnya memiliki tinggi menjulang dengan batang ramping dan daun yang memiliki cabang tulang dengan ujung yang runcing.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kandungan dalam buah pepaya memiliki banyak nutrisi, terutama untuk menjaga pencernaan, sehingga bukan rahasia lagi jika seseorang terkena sembelit atau sulit BAB, maka akan direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah pepaya agar memperlancar pencernaan dan menjaga imunitas. Buah pepaya memiliki manfaat lain yang bisa didapat, seperti halnya yaitu menjaga tubuh dari flu, pilek, demam, hingga penyakit jantung. Sehingga buah pepaya masuk pada buah untuk menjaga imunitas.

Kandungan Nutrisi Pepaya

Kalori: 39 kalori
Protein: 0,61 gr
Karbohidrat: 9,81 gr
Serat: 1,8 gr
Vitamin C: 78 mg
Kalium: 257 mg

2. Alpukat

alpukat buah untuk menjaga imunitas
source: unsplash/Thought Catalog

Sama halnya dengan buah pepaya, alpukat berasal dari daratan Amerika yang lebih tepatnya adalah Amerika Tengah. Lingkungan tropis mendorong buah alpukat menjadi tumbuh dengan kualitas yang baik, sehingga disarankan jika ingin menanam pohon alpukat maka perlu ada di daerah tropis dengan sinar matahari yang cukup.

Secara fisik, pohon alpukat terbilang tinggi dikarenakan memiliki ukuran sekitar 20 m, sedangkan untuk buahnya memiliki ukuran yang bervariasi, tetapi rata-rata memiliki ukuran sekitar 7 hingga 20 cm. Dengan ukuran yang besar tersebut maka buah alpukat memiliki berat yang lumayan juga, sekitar 100 hingga 1000 gram dan ini tergantung dari ukuran buah itu sendiri.

Alpukat sendiri memiliki lemak baik yang lebih banyak dibandingkan buah lainnya, jadi ini bisa menjadi pilihan jika kamu memiliki kebutuhan lemak yang tinggi namun menghindari resiko negatif dari lemak. Nutrisi yang banyak juga menjadikan alpukat memiliki manfaat baik seperti buah lainnya. Ada beberapa manfaat umum yang bisa didapat dari buah alpukat, untuk kesehatan sendiri alpukat dapat membantu menjaga berat badan, mencegah sembelit, membantu mengendalikan tekanan darah, dan membantu menjaga kesehatan jantung. Ini bisa menjadi pilihan sebagai buah untuk menjaga imunitas.

Kandungan Nutrisi Alpukat

Kalori: 160 kalori
Protein: 2 gr
Karbohidrat: 9 gr
Serat: 7 gr
Vitamin C: 10 mg
Kalium: 12 mg

3. Blueberry

blueberry buah untuk menjaga imunitas
source: unsplash/Bibhash (Knapsnack.life) Banerjee

Siapa yang tidak tau blueberry? salah satu jenis buah berry ini merupakan olahan yang terkenal dalam dunia dessert. Biasanya blueberry sendiri sendiri digunakan sebagai topping ataupun olahan selai, yang di mana itu semua menjadi bahan pelengkap untuk makanan manis.

Jika belum tahu bentuk pohon buah ini, mungkin bisa dibayangkan pohonya mirip dengan semak-semak. Ada dua jenis pohon blueberry sendiri, yang pertama adalah semak rendah dan juga semak tinggi, meskipun berbeda pada tingginya tetapi jenis dari pohon masih tetaplah sama.

Meskipun kini buah blueberry mudah ditemukan, namun lebih mudah mendapatkannya di beberapa tempat pohon itu tumbuh. Beberapa negara ini terkenal sebagai tempat blueberry tumbuh, yaitu Amerika Selatan, Australia, dan Selandia Baru.

Ada alasan mengapa buah ini banyak dicari, pertama adalah rasanya yang pas sebagai olahan dan pelengkap dessert, lalu kedua yaitu manfaat dari buah blueberry ini. Beberapa manfaat umum yang bisa didapat dari buah ini adalah menjaga kesehatan jantung, menjaga daya ingat, dan mengontrol gula darah. Meski begitu, perlu diperhatikan dalam jumlah konsumsi dari buah ini, dikarenakan bisa meningkatkan produksi asam lambung berlebih.

Kandungan Nutrisi Blueberry

Kalori: 57
Natrium: 1 mg
Kalium: 77 mg
Karbohidrat: 14 gr
Serat pangan: 2.4g
Gula: 10 gr
Protein: 0,7 g
Vitamin C: 9.7 mg
Kalsium: 6 mg

4. Pir

pear buah untuk menjaga imunitas
source: unsplash/Amirul Islam

Seperti yang kita kenal saat ini, buah pir atau pear merupakan salah satu buah dengan kandungan air yang banyak. Asal buah ini yaitu daerah yang beriklim tropis terutama di Eropa Barat, Asia, dan Afrika Utara. Jika dibandingkan dengan beberapa buah yang disebutkan sebelumnya, maka pohon dari buah pir ini tergolong tinggi karena bisa tumbuh hingga 17 meter.

Buah untuk menjaga imunitas ini kebanyakan dikonsumsi secara langsung dengan menjadikannya hidangan diatas meja makan sebagai buah pencuci mulut. Cara lain yang bisa dinikmati untuk mengkonsumsi pir yaitu menjadikannya jus.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika mengkonsumsi buah pir adalah mencegah terjadinya sembelit, menurunkan risiko diabetes, mencegah terjadinya kerusakan kulit, dan merawat kulit berminyak. Perlu diketahui untuk mengkonsumsi buah ini haruslah tidak berlebihan, karena kandungan sorbitol pada buah ini bisa menyebabkan perut menjadi kembung dan meningkatkan intensitas buang angin.

Kandungan Nutrisi Pir

Kalori: 101
Protein: 1 gr
Karbohidrat: 27 gr
Serat: 6 gr
Vitamin C: 12 gr

5. Jambu Biji

guava buah untuk menjaga imunitas
source: unsplash/Amirul Islam

Siapa sangka bahwa jambu biji atau jambu batu merupakan salah satu tanaman tropis yang berasal dari Brazil. Buah ini tersebar di Indonesia melalui jalur distribusi Thailand, dan kini sudah buah yang umum ditemukan di berbagai tempat di Indonesia. Jambu biji sendiri memiliki berbagai macam warna kulit, ada yang memiliki warna kulit hijau dan juga berwarna merah. Bukan hanya luarannya saja yang memiliki berbagai macam warna, dagingnya pun sama. Daging buah memiliki warna seperti merah dan putih dengan rasa buah kombinasi antara manis dan asam.

Di Indonesia sendiri banyak memiliki jenis dari jambu biji, namun yang terkenal diantara banyaknya jenis adalah jambu biji kristal yang dikenal sebagai jambu dengan nirbiji (tanpa biji), jambu tanjung barat, jambu biji getas merah, jambu biji sukun, jambu biji bangkok, dan jambu biji australia. Semua jenis tersebut mudah ditemui di pasar tradisional ataupun pasar moderen dengan harga yang terjangkau.

Kita sudah mengetahui bahwa jambu biji adalah salah satu buah yang menyumbang vitamin C terbesar, ada sekitar 126 mg vitamin C dalam satu buah jambu yang di mana kebutuhan vitamin C orang dewasa adalah 100-250 gr per hari. Manfaat pada jambu biji tidak hanya pada kandungan vitamin C nya saja, tetapi untuk kesehatan tubuh pun memiliki manfaat yang besar, seperti melancarkan saluran pencernaan, memperkuat daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah, mencegah diabetes, menjaga kesehatan kulit, dan mencegah dari demam berdarah.

Kandungan Nutrisi Jambu Biji

Kalori: 68
Natrium 2 mg
Kalium: 417 mg
Vitamin C: 228.3 mg
Kalsium: 18 mg
Zat besi: 0,3 mg
Magnesium: 22 mg

6. Leci

leci buah untuk menjaga imunitas
source: unsplash/Abhinav Gupta

Buah untuk menjaga imunitas yang terakhir adalah leci. Buah leci saat ini sedang populer sebagai pelengkap pada makanan dan minuman, memang tidak bisa dipungkiri bahwa ada banyak manfaat yang terdapat pada buah leci. Bentuknya yang unik menjadikan buah ini sering dijadikan sebagai toping juga campuran minuman. Cara mengkonsumsi buah leci yaitu perlu untuk mengupas kulitnya terlebih dahulu, dan isinya akan terlihat seperti kelengkeng.

Awalnya buah leci tumbuh subur di wilayah Tiongkok, namun karena semakin pesatnya jalur perdagangan maka distribusi dari bibit leci pun mudah didapatkan. Beruntungnya Indonesia bertempat di wilayah tropis, sehingga memudahkan untuk buah leci untuk tumbuh dan berkembang dengan hasil yang sama dari daerah asalnya.

Manfaat yang bisa didapat dari buah leci lumayan banyak, seperti memelihara kesehatan jantung, meningkatkan kepadatan tulang, mencegah penyakit kanker, dan menurunkan berat badan.

Kandungan Nutrisi Leci

Kalori: 66 kalori
Kalium: 171 mg
Karbohidrat: 17 gr
Serat pangan: 1,3 gr
Protein: 0,8
Vitamin C: 71,5 mg

Daftar buah tersebut memiliki kandungan nutrisi dan serat yang baik untuk tubuh, serta mampu menjaga imunitas seperti saat pandemi seperti ini yang perlu kekebalan tubuh lebih baik agar tetap sehat. Untuk mengolah buah-buah di atas, tidak hanya dijadikan jus saja namun bisa juga dijadikan campuran untuk makanan dan minuman, salah satunya adalah campuran teh. Tidak perlu repot-repot untuk mengolahnya, karena Coco Story punya menu Lychee Green Tea, kombinasi antara green tea sebagai antioksidan dan leci sebagai sumber nutrisi, sehingga setiap gelasnya begitu menyehatkan.

Itulah 6 buah untuk menjaga imunitas dengan nutrisi dan manfaat yang bisa dijadikan pilihan sebagai penjaga imun secara alami, untuk mendapatkan informasi tentang menu Coco Story lainnya bisa kunjungi website resmi kami di Coco Story, atau kunjungi toko kami di Ruko Golf Island, Jl. Pantai Indah Kapuk No.27.

Seberapa manfaat artikel ini?

Klik bintang untuk mengisi rating

Rating rata-rata 0 / 5. Perhitungan rating: 0

Jadilah yang pertama mengisi rating

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *