perbedaan macchiato dan latte

Ini Perbedaan Macchiato dan Latte, Lebih Strong Mana Ya Kira-Kira?

0
(0)

Perbedaan macchiato dan latte – Seperti saat ini, banyak cafe baru bermunculan yang menyajikan berbagai menu kopi sehingga bisa dinikmati sesuai dengan suasana. Banyaknya cafe baru yang menyajikan kopi menandakan naiknya tren kopi di Indonesia. Meski begitu, masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan dari setiap menu, seperti contohnya macchiato dan latte. Nah, bagi yang belum tau tentang perbedaannya, berikut informasi tentang perbedaan macchiato dan latte.

Perbedaan Macchiato dan Latte

Perbedaan Macchiato dan Latte
source: unsplash/FLY:D

Ada beberapa perbedaan macchiato dan latte yang perlu diketahui, karena memang dalam bahan pembuatan memiliki kesamaan khususnya susu dan espresso. Agar lebih jelas tentang perbedaan tersebut, berikut latar belakang dan perbedaan dari setiap caffè.

Caffè Latte

Perbedaan Macchiato dan Latte - Caffe Latte
source: unsplash/F D

Latte berasal dari bahasa italia yang awalnya adalah caffè latte dan jika diartikan kedalam bahasa Indonesia menjadi kopi susu. Tidak ada resep khusus untuk minuman ini, namun pada umumnya perbandingan yang dipakai untuk mencampur antara susu dan kopi adalah 2:1. Dis setiap tempat, komposisi tersebut selalu berbeda-beda, contohnya adalah di Amerika yang di mana mereka mengedepankan susu dibandingkan kopi. Lebih tepatnya untuk perbandingan komposisi latte di Amerika adalah sepertiga espresso dan dua pertiga susu, ini menjadikan latte lebih terasa manis dari susu dibandingkan rasa kopinya.

Meskipun menu ini populer di Amerika bahkan dunia, ternyata awal dari menu ini berasal dari Italia. Populer pada akhir tahun 1950-an di Italia dan merupakan modifikasi dari menu yang sudah ada yaitu espresso. Sebagian besar orang saat itu kurang menyukai espresso original karena rasanya yang tajam, sehingga ditambahkanlah susu yang lebih banyak sehingga rasa yang kuat dari espresso berkurang, hingga akhirnya komposisi tersebut dipatenkan dengan nama caffè latte.

Caffè Macchiato

Perbedaan Macchiato dan Latte - Caffe Macchiato
source: unsplash/Louis Hansel

Sama halnya dengan latte, macchiato pun merupakan menu yang berasal dari Italia hasil modifikasi dari espresso. Komposisi dari macchiato sendiri lebih banyak di espresso dibandingkan susu. Macchiato sendiri jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah ditandai dengan bercak, ini dikarenakan pada bagian atas menu tersebut ditambahkan sedikit busa yang berasal dari susu.

Jika sebelumnya latte memiliki komposisi yang lebih banyak dalam susu dibandingkan dengan espresso dengan sekitar 2:1, macchiato memiliki komposisi lebih banyak di sisi espresso dengan perbandingan 1:4. Ini bisa dijadikan pilihan untuk penggemar kopi susu dengan rasa kopi yang begitu strong. Rasa pahit yang terdapat macchiato ini begitu strong jika kamu merupakan pemula dalam menikmati dunia perkopian.

Menu macchiato berbeda dengan latte yang di mana ini jarang ditemui di cafe-cafe Indonesia, Sebaliknya, minuman ini sangat laku keras di Amerika Serikat. Ini disebabkan oleh kebiasaan hidup mereka yang lebih dinamis dan dituntut cepat.

Kandungan Kafein Macchiato dan Latte

Karena dari komposisi dasar yang disajikan berbeda maka kandungan kafein yang terdapat pada kedua menu tersebut berbeda. Kita sudah bisa menebak bahwa menu dengan kadar kopi lebih tinggi dipastikan memiliki kafein yang tinggi juga, dan itu benar. Latte dengan ukuran 475 ml memiliki sekitar 173 mg kafein, dan untuk macchiato dengan ukuran 60 ml memiliki 85 mg kafein per porsinya. Jika dibandingkan secara seimbang dalam ukuran ml, maka ada sekitar setengah kafein lebih banyak di macchiato dibandingkan dengan latte.

Itulah beberapa perbedaan macchiato dan latte, masih ada banyak perbedaan yang bisa diketahui diluar itu. Jika kamu pencinta kopi, mungkin wajib rasanya untuk mencoba kedua menu di atas tersebut, atau coba juga olahan menu kopi dan kelapa lainnya di Coco Story. Selagi mengunjungi tempat wisata di PIK, jangan lupa kunjungi juga cafe Coco Story, karena ada banyak menu kopi dan kelapa yang pastinya kamu suka.

Seberapa manfaat artikel ini?

Klik bintang untuk mengisi rating

Rating rata-rata 0 / 5. Perhitungan rating: 0

Jadilah yang pertama mengisi rating

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *