Buah Kelapa min

5+ Macam Jenis Kelapa di Indonesia dan Keunggulannya

5
(1)

Jenis kelapa di Indonesia – Kelapa merupakan salah satu buah yang memiliki beragam manfaat, mulai dari air, daging, tempurung, hingga sabut kelapa. Karena banyaknya manfaat yang terkandung dalam kelapa, maka banyak kelapa yang diolah menjadi bahan makanan, obat, bahkan kerajinan.

Secara umum ada beberapa manfaat untuk kesehatan yang bisa didapatkan dari buah kelapa, diantaranya adalah meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, dan mengontrol kadar gula darah. Selain manfaat-manfaat tersebut ada juga segudang manfaat lain yang bisa didapatkan, kamu bisa mendapatkan manfaat lain dari setiap jenis kelapa.

Berikut merupakan jenis-jenis kelapa yang sering dikonsumsi, diolah menjadi bahan makanan maupun dibudidayakan. Beberapa diantaranya memiliki perbedaan dibandingkan dengan kelapa pada umumnya, sehingga dari sisi harga menjadi lebih tinggi.

Jenis-Jenis Kelapa di Indonesia

1. Kelapa Hijau

Jenis Kelapa di Indonesia kelapa hijau
source: unsplash/Utsman Media

Kelapa ini umum ditemui di banyak tempat, apalagi ketika berada di wilayah tropis yang mana lingkungannya sangat cocok dengan habitat hidup pohon kelapa. Seperti namanya, kelapa hijau memiliki warna kulit hijau yang begitu mencolok. Jenis pohon kelapa ini memiliki ukuran buah yang lumayan besar dibandingkan dengan jenis kelapa lain.

Setiap jenis kelapa pasti memiliki keunggulan tersendiri, begitu juga kelapa hijau yang memiliki keunggulan dalam menetralisir racun yang ada pada tubuh, ini cocok untuk Sobat Aroma yang sedang mengalami keracunan makanan. Namun di sini air kelapa berperan sebagai pengembali elektrolit yang hilang, karena umumnya orang yang keracunan makanan akan mengalami diare dan juga muntah. Hal tersebut merupakan alasan bahwa orang yang mengalami keracunan makanan akan kehilangan banyak elektrolit.

Kelapa hijau yang mudah ditemukan di berbagai tempat akan mampu memberi peran menggantikan air putih untuk meningkatkan kembali elektrolit pada tubuh yang sempat hilang sebelumnya. Air kelapa sendiri memiliki zat yang membantu proses detoks saluran pencernaan akibat terkena racun dari makan.

2. Kelapa Pandan Wangi

Jenis Kelapa di Indonesia kelapa pandan wangi
source: bertuahpos.com

Salah satu pohon kelapa yang terkenal di Thailand ini memiliki aroma yang lebih wangi dibandingkan air kelapa lainnya, sehingga sebagian besar orang menyukai jenis kelapa ini. Rasa airnya yang manis menjadikannya salah satu pilihan kategori kelapa untuk olahan. Karena hal tersebutlah kelapa pandan wangi memiliki harga yang lebih mahal dan sulit ditemukan dibanding kelapa umumnya.

Pohon kelapa pandan wangi memiliki ukuran yang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 3 meter dan jika dibandingkan jenis pohon kelapa lainnya, ini tergolong rendah. Perawatan dari pohon kelapa pandan wangi sendiri tergolong sulit sehingga hanya sedikit orang yang mampu membudidayakan pohon ini dengan baik.

3. Kelapa Gading

Jenis Kelapa di Indonesia kelapa gading
source: manfaat.co.id

Sebagian besar orang di daerah Jakarta mengetahui bahwa kelapa gading merupakan nama dari daerah, namun nyatanya kelapa gading merupakan salah satu jenis kelapa. Di beberapa tempat, kelapa ini biasa dikenal dengan istilah kelapa kuning. Yang perlu diketahui keunggulan dari kelapa gading ini adalah pohonnya yang lebih cepat berbuah.

Melihat dari sisi bisnis, kelapa gading memiliki keuntungan yang berlipat karena kecepatannya dalam menghasilkan buah dibandingkan dengan jenis kelapa lain.Jika dilihat dari sisi pembudidayaan, kelapa gading memiliki waktu sekitar 3 tahun untuk bisa sampai dipanen. Jika Sobat Aroma berniat untuk memiliki lahan perkebunan kelapa dan mengejar kuantitas, maka jenis kelapa ini bisa menjadi pilihan.

4. Kelapa Genjah Entok

Jenis Kelapa di Indonesia kelapa genjah entok
source: Lazada

Jenis pohon kelapa dengan postur yang pendek lainnya adalah kelapa genjah entok, di mana jenis pohon kelapa ini hanya memiliki tinggi tidak lebih dari 8 meter, namun buah dari kelapa genjah entok masih bisa diunggulkan meskipun buahnya lebih kecil dibanding jenis kelapa lain..

Berbeda dengan kelapa pandan wangi, keunggulan jenis kelapa ini tergolong lebih mudah untuk dibudidayakan. Tidak perlu membutuhkan banyak perawatan, hanya perlu air serta sinar matahari.yang cukup.

5. Kelapa Merah Wulung

Jenis Kelapa di Indonesia kelapa merah wulung
source: Shopee

Orang lebih mengenalnya dengan kelapa merah, di sebagian tempat jenis kelapa ini dikenal dengan kelapa merah wulung. Kelapa wulung dapat dilihat dari kulit cangkangnya yang berwarna kemerahan dan air yang begitu banyak. Serta dari bentuk luarnya terlihat begitu besar dibandingkan dengan jenis kelapa lainnya.

Kelapa merah wulung sering dicari dan dibudidayakan, sebab keunggulannya dari sisi manfaat yang bisa dibilang mencakup beberapa jenis kelapa yang ada. Namun sama halnya dengan kelapa pandan wangi yang di mana dari sisi pembudidayaanya cukup sulit jika ingin mendapatkan hasil kelapa merah wulung yang unggul dan berkualitas, ini berpengaruh pada harga dari kelapa tersebut.

6. Kelapa Kopyor

Jenis Kelapa di Indonesia kelapa kopyor
source: niaga.asia

Kelapa ini terkenal dengan kelainan genetik nya, berbeda dengan kelapa pada umumnya yang memiliki daging menempel pada tempurung kelapa dan juga kandungan air yang seimbang di dalamnya, jenis kelapa ini justru berbeda. Isi kelapa kopyor dipenuhi oleh daging yang tidak menempel pada tempurung kelapa, kandungan airnya pun hanya sedikit dan lebih didominasi daging buah.

Umumnya buah dari kelapa kopyor sering dijadikan bahan minuman, dagingnya yang halus menjadikannya cocok untuk campuran seperti es campur maupun sirup. Karena cocok sebagai bahan olahan makanan maupun minuman, maka tidak heran jika kelapa kopyor memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran dibandingkan dengan jenis kelapa biasa.

Jadi itulah daftar kelapa yang sering dikonsumsi di Indonesia, mungkin diluar daftar tersebut ada berbagai jenis kelapa yang lebih baik dan juga enak. Nah, kelapa mana yang pernah kamu konsumsi dan menjadi favorit? pastinya ada lah ya. Untuk mendapatkan informasi lain atau pun produk seputar olahan kelapa, maka bisa kunjungi cafe kami di Golf Island PIK dan selain itu bisa kunjungi website resmi Coco Story untuk melihat berbagai produk terbaik olahan kelapa.

Seberapa manfaat artikel ini?

Klik bintang untuk mengisi rating

Rating rata-rata 5 / 5. Perhitungan rating: 1

Jadilah yang pertama mengisi rating

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *