cara menyeduh green tea

Begini Cara Menyeduh Green Tea, Perhatikan Juga Cara Mengkonsumsinya!

0
(0)

Cara menyeduh green tea – Green tea memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, dan ini sudah jelas karena banyak produk obat dan makanan yang berasal dari green tea sebab kandungannya yang bermanfaat. Sesuatu yang paling dicari dari olahan green tea tidak lain adalah manfaatnya yang bisa menurunkan berat badan, ini memang sudah teruji jika mengkonsumsinya secara tepat.

Sekitar 500 ribu ton daun green tea diproduksi di dunia setiap tahunnya, ini menandakan bahwa kebutuhan akan produk tersebut begitu tinggi. Memang jika dilihat kembali, banyak produk dari daun green tea yang diolah untuk berbagai minuman dan makanan. Tidak heran bahwa green tea menjadi bahan baku paling laris di dunia.

Untuk yang senang minum green tea, mungkin sudah tidak asing lagi dengan produk green tea instan yang biasa ditemui di pasaran kan? Beberapa diantaranya sudah berbentuk filter, bubuk, maupun cair (sudah diseduh). Semua bentuk green tea tersebut sudah diolah sedemikian rupa, jika kamu ingin merasakan kemurnian daun green tea maka cara penyeduhan secara mandiri bisa dicoba. Ada manfaat lebih jika kamu membuatnya sendiri, minuman green tea akan terasa lebih segar karena berasal langsung dari daun green tea kering, serta mendapatkan manfaat lebih dari kandungan green tea.

Meski mendapat manfaat dan kandungan yang lebih dari green tea, itu semua perlu diperhatikan dalam proses pembuatannya, karena jika terlalu berlebihan dalam langkah-langkah penyeduhannya akan berakibat hilangnya beberapa kandungan bermanfaat. Untuk mendapatkan hasil terbaik dari penyeduhan green tea, berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan manfaat lebih dari green tea.

Cara Menyeduh Green Tea Sendiri

Ternyata cara menyeduh green tea sendiri tidaklah sulit, hanya saja perlu sedikit ketelitian dalam menentukan takaran menyeduh green tea dan suhu air agar rasanya sesuai dengan yang kamu inginkan.

cara menyeduh green tea transparan
source: unsplash/Irene Ivantsova

1. Menyiapkan Air Panas

Cara menyeduh green tea yang pertama ialah siapkan air panas, disarankan suhu air yang akan digunakan untuk green tea berkisar sekitar 75-80 derajat Celcius, ini dimaksudkan agar daun teh mudah larut dalam air serta tidak menghilangkan kandungannya.

2. Memasukan Green Tea

Setelah air mendidih tiriskan sebentar hingga suhunya sesuai dengan yang disarankan, maka bisa masukkan 1 sendok kecil daun teh (sekitar 2 gram) ke dalam teko.

3. Menyeduh Green Tea

Tuangkan 180 ml air panas ke dalam teko, pastikan daun teh yang diseduh terbuka secara perlahan. Tutup teko untuk mencegah uap dari hasil seduhan green tea keluar dari teko.

4. Memastikan Rasa Green Tea

Cicipi green tea setelah 1-2 menit diseduh, jika terasa masih kurang pas maka bisa menambahkannya kembali secara bertahap.

5. Menyiapkan Saringan

Setelah dirasa sudah pas untuk komposisi green teanya, maka selanjutnya tinggal menyaringnya agar daun teh tidak tercampur dalam gelas.

6. Menyaring Green Tea

Langkah cara menyeduh green tea yang terakhir ialah siapkan saringan di atas cangkir kecil kemudian tuang teh dari teko ke dalam cangkir perlahan-lahan jika kamu tidak memiliki saringan pada dalam teko.

7. Menyeduh Kembali Green Tea

Kamu bisa menyeduh daun teh lagi jika memang diperlukan, tetapi dalam waktu yang relatif singkat dibandingkan seduhan pertama.

Cara Mengkonsumsi Green Tea

Meskipun green tea bukan obat, namun ada beberapa aturan dan rekomendasi yang bisa kamu perhatikan sebelum menikmati green tea. Dari beberapa aturan tersebut diantaranya ada yang perlu diperhatikan dari sisi waktu sebelum meminumnya.

cara menyeduh green tea teko coklat
source: unsplash/Arseniy Kapran

1. Minum Hangat-Hangat

Green tea yang sudah diseduh memang bisa dinikmati sesuai kondisi, misalkan ketika panas terik, lebih nikmat green tea dicampur dengan es, dan begitu juga ketika dingin lebih nikmat diminum ketika teh sedang hangat-hangatnya. Namun disarankan untuk mendapatkan manfaat yang lebih, kamu perlu minum green tea ini dalam keadaan masih hangat.

2. Minum Setelah Makan

Mirip seperti teh lainnya, green tea memiliki sifat yang mampu untuk menaikan asam lambung, sehingga mengkonsumsi minuman green tea ketika perut sedang kosong akan mengakibatkan timbulnya penyakit maag bagi yang mempunyai riwayatnya. Itu sebabnya perlu mengisi perut terlebih dahulu ketika akan meminum green tea.

3. Jangan Tambahkan Campuran Apapun

Khusus untuk yang menginginkan manfaat menurunkan berat badan dari green tea, maka disarankan agar tidak menambahkan apapun ke dalam minuman, memang olahan green tea lain seperti matcha yang sering ditambah gula maupun susu, green tea ini lebih baik dikonsumsi secara murni, dikarenakan agar manfaat utamanya yaitu mengurangi lemak tubuh tidak terganggu.

4. Hindari Minum green tea Sebelum Tidur

Selain kopi, green tea dikenal memiliki kafein, yang mana dapat membuat peminumnya menjadi segar kembali, hal ini akan berlaku jika kamu meminumnya sebelum tidur. Dampak meminum green tea sebelum tidur akan menyebabkan insomnia, yang mana kamu akan terjaga lebih lama dari jam tidur biasanya, sehingga kamu akan mengalami sulit tidur. Dianjurkan paling lambat adalah meminum green tea dua jam sebelum tidur agar tidak mengalami insomnia.

Itulah cara menyeduh green tea, memang untuk green tea sendiri memiliki manfaat yang lebih dibandingkan teh biasa, khususnya bagi yang sedang menjalani program diet. Ini bisa menjadi pilihan penunjang dalam melancarkan program diet. Di samping itu kenikmatan green tea memang memiliki rasa yang khas jika diseduh secara langsung, sehingga cara-cara diatas bisa kamu praktekkan untuk mendapatkan nikmatnya rasa green tea.

Dilihat dari manfaatnya yang banyak, jangan lupa untuk memperhatikan cara konsumsi green tea, hal tersebut untuk menghindari efek samping dari green tea itu sendiri. Jika kamu ingin mendapatkan olahan green tea terbaik, seperti Peach Green Tea dan Lychee Green Tea, dan bisa melihat produk lainnya di website resmi Coco Story atau kunjungi cafe kami di Pantai Indah Kapuk yang beralamat di Golf Island, Jalan Pantai Indah Kapuk Blok L No.27.

Seberapa manfaat artikel ini?

Klik bintang untuk mengisi rating

Rating rata-rata 0 / 5. Perhitungan rating: 0

Jadilah yang pertama mengisi rating

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *